Minggu, 01 Maret 2009

Instalasi XP di HP Compaq Presario V3660 -SATA- (updated)


Instalasi XP di HP Compaq Presario V3660 -SATA- (updated)
http://pramestyani.wordpress.com/2007/12/28/instalasi-xp-di-hp-presario-compaq-v3660-sata/
Kira2
satu tahun yang lalu saya mulai berkenalan dengan notebook v3660
keluaran HP Compaq. Namun, stelah mendengar kesulitan instalasi OS di
HP Compaq V3660 yang dialami pula oleh pengguna lain, saya mencoba
melengkapi tulisan saya sebelumnya tentang proses instalasi ini, semoga
dapat lebih jelas lagi bagi para pengguna yang akan menginstal OS pada
notebook v3660 ini.

Saya menggunakan NLite untuk meng-embed driver chipset intel 945
agar hardisk dgn setting SATA dapat di deteksi, karena pada BIOS tidak
terdapat option untuk men- disable fasilitas SATA. Berikut instalasi
driver2 yang tidak disertakan pada paket pembelian, karena sistem
operasi XP tidak lagi di kembangkan untuk hardware2 terbaru (Vista
sudah mengambil alih )

Adapun paket yang ditawarkan dari notebook tersebut, dari segi
fasilitas hardware sudah lumayan untuk pengguna seperti saya yang
memerlukan fasilitas maksimal dengan harga standar. Adapun
spesifikasinya dapat dilihat di situs bhineka.com
Tapi bagi para calon pengguna laptop dengan seri diatas, sebaiknya
bersiap dengan segala proses instalasi OS dan driver, karena saat
membeli, notebook ini memang hanya terinstall FreeDOS.

1. Pencarian Driver.

Ini berkaitan dengan ketidaktersediaan driver pada CD yang diberikan
sebagai paket dari pembelian. Ternyata driver yang ada pada CD belum
cukup terupdate untuk V3660 yang merupakan salah satu versi terbaru
dari V3000.

Bagi pengguna yang terbiasa menginstall OS pada hardisk tanpa
fasilitas RAID SATA ataupun hardisk SATA RAID dengan fasilitas BIOS
yang bisa men disable fasilitas tersebut, maka sedikit usaha perlu
dilakukan untuk menginstall OS XP pada hardisk dengan SATA RAID.

Salah satu usaha yang perlu dilakukan adalah mencari driver yang
sesuai untuk hardisk SATA laptop ini. Pastinya situs yang saya tuju
pertama kali adalah situs resmi HP Compaq, dan saya menemukan halaman
download driver untuk V3660, tapi ternyata, pada halaman tersebut tidak
terdapat driver untuk hardisk SATA RAID.

Akhirnya saya mulai googling. setelah tidak puas dengan hasil yang
didapat, karena ternyata setelah saya implementasikan pada saat
instalasi belum berhasil.

Maka saya mencoba mencari dengan bottom line chipset yang tertanam
dalam laptop v3660 ini. Hasil googling saya untuk mencari seri chipset
dari laptop ini saya temukan di situs bhineka.com.

Saya mencoba mencari perbandingan keakuratan jenis chipset yang
tertanam pada laptop saya, tetapi ternyata hal itu sulit membuahkan
hasil yang saya inginkan, karena sebagian besar situs tidak
mencantumkan jenis chipset untuk HP Compaq Presario v3660 ini, termasuk
situs HP Compaq itu sendiri.

Jadi, berbekal kenekatan akan resiko yang mungkin akan saya terima
bila ternyata seri chipset yang ditampilkan di situs bhineka tidak
valid (terjadi corrupt/ crash pada saat instalasi karena driver tidak
sesuai dengan hardware yang ada, hal ini bisa menyebabkan cacat fisik
pada hardware - walaupun untungnya pada kasus saya ini tidak terjadi) .

Maka saya mulai step kedua, yaitu googling driver keyword chipset
yang saya dapat dari situs bhineka.com, akhirnya saya sampai pada situs ini yang
memberi link dimana saya bisa mendapat driver chipset tersebut.
Ternyata driver tersebut ada dalam bentuk .exe (SP36131.exe), padahal
yang saya butuhkan adalah bentuk .inf .

Maka yang saya lakukan adalah mengekstrak(install) file .exe
tersebut di komputer lain. Hasil dari extract tadi secara default
disimpan pada folder dgn path C:\SWSetup\SP36131, dimana terdapat 2
file dengan extension .inf .

2. Teknis penggunaan driver.

Lalu karena pada saat installasi XP standar, driver tambahan bisa
diinstall dengan menekan tombol F6 diawal installasi dan dibaca melalui
floppy disk. Oleh karena itu, seluruh file yang ada pada path
C:\SWSetup\SP36131 saya simpan ke dalam floppy disk.

Timbul masalah lanjutan yaitu, laptop v3660 ini tidak dilengkapi
dengan fasilitas floopy disk, sehingga saya membutuhkan USB floppy
disk.Tetapi bagi yang tidak memiliki floppy disk terdapat cara lain,
yaitu dengan meng-embed file2 driver pada CD XP, hal ini dapat
dilakukan dengan software Nlite yang berfungsi menambah dan
mengintegrasi driver tambahan pada CD OS XP.

Teknis pembuatan CD yang akan di-embed dengan driver dapat disimak
pada tulisan saya sebelumnya. Oh iya, sebagai tambahan, sebaiknya semua
source hasil extrakan file SP36131.exe yang secara default disimpan di
C:\SWSetup\SP36131, di include semua pada saat pembuatan image CD di
NLite.

Steps using NLite to embed driver in CD XP :

a. Path adalah path dimana kita, berisi seluruh file yang ada dalam CD XP.

b. Proses ini di skip saja

c. Pilih Drivers dan Bootable ISO

d. Import file-file hasil extract-an SP36131.exe, di path
C:\swsetup\SP36131 (defaultnya). Di menu insert, pilih Multiple Driver
Folder, lalu cari path C:\swsetup\SP36131 . Pada saat muncul windows
Select Multiple Driver to Integrate pilih All, lalu OK

e. Pilih Textmode dan select semua driver

Next –> OK.

Maka akan terbentuk file .iso (image) yang selanjutnya bisa di burn di Nero ;>

3. Driver tambahan setelah OS XP dapat diinstal.

Ternyata permasalahan integrasi driver dan hardware pada notebook HP
v3660 belum sampai disini. Ada lagi driver yang belum compatible dengan
hardware yang ada, yaitu driver sound audio.

Maka saya mulai petualangan menjelajahi halaman-halaman pada situs Compaq , dimana saya berharap dapat menemukan driver audio yang sesuai.

Akhirnya saya memutuskan untuk mendownload driver audio untuk seri HP
Compaq V3000 yang lain dengan tanggal update terbaru, karena dihalaman
download driver untuk V3660 tidak tersedia driver audio dengan tanggal
terupdate.

Ada 2 driver yang agak sesuai dengan hardware yang ada, yaitu
sp35682.exe dan sp34386.exe. dan berhasil lah saya mendengarkan suara
dari notebook hp compaq presario v3660 ini. Proses penjelajahan melalui
google akhirnya terbayar dengan fasilitas notebook yang sudah bisa saya
gunakan.

Untuk saat ini saya mulai bisa menikmati fasilitas2 di v3660 ini
walaupun belum sepenuhnya, karena ada beberapa hardware yang belum saya
dapatkan drivernya

Tapi untuk saat ini sepertinya belum menjadi masalah :D, tapi kalau
ada waktu senggang dan mendesak untuk segera diinstal, maka saya akan
mulai lagi petualangan untuk mencari driver yang tepat ;).

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com