Selasa, 10 Maret 2009

Menggunakan Tutorial interaktif

Menggunakan Tutorial interaktif

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan dunia Informasi dan teknologi sangat begitu pesat diberbagai bidang. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Lembaga pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia tidak bisa hanya berpangku tangan atau tergilas begitu saja tanpa melakukan perubahan – perubahan untuk menghadapi perkembangan dunia teknologi informasi saat ini.

Sejak diberlakukan kurikulum 2004 maupun Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) untuk sekolah menengah pertama (SMP) sudah terdapat perubahan pada struktur kurikulum yaitu dengan memasukkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pemberlakuannya secara nasional. Dengan adanya mata pelajaran tersebut yang juga mempunyai kaitan dengan mata pelajaran yang lain, mau tidak mau sekolah harus berbenah untuk membelajarakannya kepada siswa.

Dari hasil fakta dilapangan, bahwa sarana untuk pembalajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diberbagai sekolah khususnya di SMPN 2 Telaga sangatlah minim. Jumlah komputer di SMPN 2 Telaga hanya terdapat 8 unit yang akan dipakai siswa sebanyak 30 orang jadi setiap pembelajaran praktek satu unit komputer digunakan oleh 4 orang siswa sementara dalam pembelajaran praktek Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ideal adalah satu komputer digunakan untuk satu orang siswa. Kenyataan ini membuat sebagian siswa hanya menonton saja tanpa ada inisiatif yang berarti yang akhirnya ditemukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi belum mencapai kiriteria ketuntasan (KKBM) yang ditetapkan. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut juga bisa disebabkan karena kemampuan guru. Sekarang ini guru pengajar TIK adalah guru mata pelajaran dari berbagai disiplin ilmu yang di TIK - kan. Namun walaupun begitu, bukan berarti guru lepas tanggung jawab atau guru hanya sekedar melaksanakan tugas yang diembannya. Guru dituntut harus selalu proaktif dan inovatif didalam mengembangkan metode atau cara untuk dapat membelajarkan TIK secara maksimal kepada peserta didik

Berdasarkan latar belakang tersebut maka Guru merasa tertantang untuk membuat suatu inovasi pembelajaran dengan menggunakan media dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu dengan menggunakan Program Tutorial Interaktif dengan Macromedia Captivate yaitu suatu program yang memungkinkan kita untuk membuat suatu bentuk pembelajaran interaktif yang melibatkan siswa secara langsung untuk belajar internet tanpa jaringan atau merupakan simulasi pembelajaran dimana siswa dapat belajar dan mengulang materi pembelajaran yang telah diberikan. Dengan demikian diharapkan cara tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


BAB II

INOVASI PEMBELAJARAN TIK

MELALUI PENGGUNAAN PROGRAM TUTORIAL INTERAKTIF

DENGAN MACROMEDIA CAPTIVATE

A. PENGERTIAN

1. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan keterampilan menggunakan komputer meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Namun demikian Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak sekedar terampil, tetapi lebih memerlukan kemampuan intelektual.

Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa tema-tema esensial, merupakan perpaduan dari cabang-cabang Ilmu Komputer, Matematik, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Telekomunikasi, Sibernetika dan Informatika itu sendiri. Tema-tema esensial tersebut berkaitan dengan kebutuhan pokok akan informasi sebagai ciri abad 21 seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, basis data, Internet dan e-mail. Tema-tema esensial tersebut terkait dengan aspek kehidupan sehari-hari.

Menurut Muhammad Sutiyadi [1]“Interconnected Network - atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia” .. Secara umum internet menyediakan fasilitas untuk e-mail, chating, telepon, mailing list, SMS, e-business, e-learning.

2. Macromedia Captivate

Macromedia Captivate merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi penggunaan profesional yang dapat dengan mudah membuat demonstrasi intektif serta simulasi dalam berbagai format termasuk Flash (SWF) dan EXE. Kita dapat pula menggunakan aplikasi ini untuk membuat demonstrasi produk online, simulasi software untuk e-learning, atau tutorial online untuk dukungan pemakai, dan Captivate adalah solusi ideal untuk ini. Di dalam Captivate terdapat semua yang dibutuhkan untuk merekam apa yang terjadi dalam desktop dan secara instant membuat sebuah simulasi. Captivate memungkinkan kita untuk menambah, memodifikasi keterangan teks, memberi audio (voice-overs, background music, dan sound effects), video, animasi Flash, animasi text, gambar, hyperlink, kedalam movie yang dibuat. Ukuran file yang kecil serta resolusi yang tinggi membuat simulasi dan demonstrasi yang dibuat dengan Captivate menyenangkan bagi siswa dan mudah untuk dipublikasikan dengan mencopy ke dalam harddisk atau dibakar ke CD untuk dipakai dalam pembelajaran

3. Program Tutorial Interaktif

Program Tutorial Interaktif adalah sebuah file yang memuat materi dari suatu mata pelajaran dalam bentuk audio visual yang dapat dioperasikan pada media informasi dan komunikasi yaitu komputer dan merupakan sebuah model e-learning yang disajikan secara autodidak dalam bentuk modul simulasi & audio visual interaktif dengan dipandu oleh virtual tutor secara professional. Pola e-learning ini apabila dilakukan secara konsisten dan kontinyuitas, akan membantu proses belajar dengan tingkat pemahaman yang lebih baik

B. KONSEP PROGRAM TUTORIAL INTERAKTIF

Konsep Program Tutorial Interaktif ini hadir sebagai alternatif media belajar untuk anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua dimana mereka semua dapat belajar dengan fleksibel tanpa terikat dengan jadwal dan menyenangkan, KARENA :

1. Interactive Multimedia dengan gambar, suara demo panduan dan iringan musik. Dapat diulangi sesuka hati, hingga anda mengerti.

2. Bahasa Pengantar, Bahasa Indonesia.

3. Salah satu cara inovatif yang dapat digunakan untuk melakukan dan mendistribusikan ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi ataupun Ilmu Pengetahuan di segala bidang.

4. Sangat Membantu untuk meningkatkan kemampuan SDM.

5. Juga sebagai salah satu Solusi ‘Pendidikan murah’.

Sementara itu sebagai prosedur operasi pada dasarnya Program Tutorial Interaktif bisa menjadi sarana pendidikan alternatif dengan beragam pilihan pelajaran interaktif. Sedangkan mengenai cara atau prosedur pengoperasian Program Tutorial Interaktif amat sederhana yaitu :

1. Siswa tinggal memakai headphone atau active speaker + MIC.

2. Kemudian mengklik mouse.

3. Siswa tinggal memilih program yang dinginkan mulai dari materi pertama pada Standar kompetensi ataupun Kompetensi dasar sampai materi akhir ataupun materi lain yang telah disiapkan Guru.


BAB III

ANALISIS

A. PENCAPAIAN TUJUAN

Seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa ide dan kreativitas pembelajaran Tekonologi Informasi Dan Komunikasi melalui penggunaan program tutorial interaktif dengan Macromedia Captivate sebagai upaya mempermudah siswa memahami pelajaran TIK ini adalah :

1. Meningkatkan mutu pendidikan TIK di lingkungan SMP/MTs Kabupaten Gorontalo

2. Mempercepat proses pembelajaran TIK

3. Memudahkan siswa menyerap materi yang disampaikan guru.

4. Memperbanyak waktu dan kesempatan siswa untuk menerima pembelajaran TIK

5. Meringankan tugas guru dalam mengajar.

Sejauh ini pencapaian tujuan terhadap pelaksanaan ide dan kreativitas tersebut cukup menggembirakan,hal ini terbukti dari indikator yang telah dicapai, yakni :

1. Meningkatnya rata – rata nilai hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun psikomotornya.

2. Siswa semakin termotivasi untuk belajar TIK contohnya pada kelas IX, siswa sudah berani dan percaya diri untuk mengunjungi Warnet dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru.

3. Semakin meningkatnya kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer.

B. EFEKTIFITAS PROGRAM TUTORIAL INTERAKTIF

Pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar ( KBM ) TIK khususnya di SMP Negeri 2 Telaga, penggunaan program tutorial interaktif dengan Macromedia Captivate sangatlah membantu, baik terhadap siswa maupun guru TIK itu sendiri. Disamping memberikan kejelasan aktivitas dan langkah – langkah yang akan siswa lakukan dalam mengikuti pembelajaran TIK serta menghindari aktivitas siswa diluar pembelajaran yang akan menyebabkan pemborosan waktu dan ketidak efektifan pembelajaran, siswa pun dapat memperoleh penjelasan materi secara berulang – ulang sampai siswa itu merasa paham terhadap materi yang disampaikan tanpa harus guru TIK nya yang memberikan penjelasan, cukup dengan meng klik atau mengaktifkan program tutorial interaktif dengan Macromedia Captivate pada PC ( Personal Computer ) yang sedang mereka gunakan

C. DAMPAK PENGGUNAAN PROGRAM TUTORIAL INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA CAPTIVATE TERHADAP SISWA DAN GURU

Segala sesuatu tindakan ataupun perbuatan tentulah akan memiliki dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Begitu juga terhadap pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui penggunaan program tutorial interaktif dengan Macromedia Captivate. Sampai sejauh ini sepengamatan penulis, dampak – dampak yang timbul terhadap siswa dalam proses pembelajaran TIK dengan menggunakan program tutorial interaktif dengan Macromedia Captivate adalah sebagai berikut :

1. Proses pembelajaran jadi lebih terarah
2. Siswa memiliki waktu dan kesempatan lebih banyak dalam memperoleh pembelajaran TIK
3. Siswa lebih mudah memahami pelajaran TIK
4. Tugas guru dalam mengjar lebih ringan
5. Guru memiliki waktu luang lebih banyak yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi – inovasi selanjutnya.
6. Siswa lebih suka menggunakan program ini dari pada menggunakan buku
7. Minat baca siswa sedikit menurun, khususnya terhadap buku pelajaran TIK.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com